Tugas 6 // Pengertian dari Promosi,Publiser,Web Owner,Advertiser ,Marketing Company dan hal -hal yang harus di perhatikan dalam belanja online
Pengertian
Promosi
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada
dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan
adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka
penjualan.
Tujuan Promosi
- ·
Menyebarkan informasi produk kepada
target pasar potensial
- ·
Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan
profit/laba
- ·
Untuk mendapatkan pelanggan baru dan
menjaga kesetiaan pelanggan
- ·
Untuk menjaga kestabilan penjualan
ketika terjadi lesu pasar
- ·
Membedakan serta mengunggulkan produk
dibanding produk pesaing
- ·
Membentuk citra produk di mata konsumen
sesuai dengan yang diinginkan.
- ·
Mengubah tingkah laku dan pendapat
konsumen.
Jenis
- Jenis Promosi :
1. Direct Marketing
Sistem marketing dimana organisasi berkomunikasi secara langsung dengan target
customer untuk menghasilkan respons atau transaksi. respon yang dihasilkan bisa
berupa inquiry, pembelian, atau bahkan dukungan.
2. Periklanan (Advertising)
Bentuk promosi non
personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang
pembelian. Periklanan menawarkan suatu produk kepada konsumen dengan cara
mengemukakan alasan supaya membeli
3. Publisitas (Publisity)
Bentuk promosi non
personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas
informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah) atau merupakan usaha
untuk merangsang permintaan dari suatu produk secara non personal yang bersifat
komersial. Tentang produk tersebut di media cetak dan media elektronik, maupun
hasil wawancara yang ditampilkan dalam media tersebut. Cara ini sangat baik
untuk memperkenalkan perusahaan atau produk yang dihasilkan, karena publisitas
dapat mencapai pembeli yang potensial yang tidak dapat dicapai dengan
advertensi dan personal selling.
4. Promosi Penjualan (Sales promotion)
Bentuk promosi
diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Promosi
penjualan menawarkan suatu produk dengan cara memberikan perangsang supaya
membeli. Perangsang ini bisa berupa uang, barang atau pelayanan tambahan lainya
yang biasanya tak disertakan bersama produk tersebut.
5. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)
Bentuk promosi secara
personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli
yang ditujukan untuk merangsang pembelian atau kegiatan mempromosikan
suatu produk dengan cara mendatangi ke tempat konsumen berada, oleh seorang
wiraniaga/salesperson. Dengan adanya kontak langsung antara wiraniaga dan
konsumen, maka terjadilah komunikasi dua arah.
Pengertian Publiser,Web Owner,Advertiser ,dan Marketing Company
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Tujuan Promosi
Publiser
Publiser adalah orang yang memposting sesuatu baik di blog, website, dsb yang dapat dilihat oleh semua orang di internet.
WebOwner
WebOwner atau Pemilik Web adalah penyedia ruang apada website yang memungkinkan advertiser untuk memasang iklannya. Anda berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan dengan memasang iklan dari advertiser yang sudah tergabung di dalam program kerjasama periklanan.
Dengan tergabung di program kerjasama periklanan, maka website anda dilengkapi engine periklanan yang berbasis teks yang kami berikan berupa kode dengan sistem bayar per unik klik, yang berarti anda akan mendapat bayaran apabila ada yang mengklik iklan pada website anda.
Advertiser
Pemasang iklan atau
Advertiser adalah pihak yang melakukan kegiatan promosi atas iklannya pada
Program kerjasama Periklanan yang materinya disebarkan kepada pemilik web yang terdaftar.
MarketingCompany
Marketing Company atau Perusahaan Pemasaran adalah suatu perusahaan yang bertujuan untuk menampung iklan dari advertiser untuk bisa di teruskan ke Blogger. Dan juga Merupakan sebuah pasar periklanan Indonesia, dengan pola bisnis Pay Per Click (PPC). Menggunakan sistem anti fraud click yaitu sistem yang dapat mencegah agar penerbit iklan tidak melakukan kecurangan klik terhadap iklan hanya untuk kepentingan pribadi.www.undhirabali.ac.id
Hal
- hal yang harus diperhatikan dalam berbelanja Online :
1. Cek Variasi Produk
Kita harus melihat
variasi produk yang ingin kita beli dari beberapa marketplace dan juga kita
harus melihat didalam toko-toko yang ada di marketplace tersebut.
2. Perbandingkan Harga
Perbandingkan harga diantara marketplace yang satu dengan yang lainnya, diantara toko yang satu dengan yang lainnya. Pilihlah harga yang sesuai dengan budget atau termurah dengan kualitas yang paling baik.
3. Perhatikan Testimoni
Pastikan toko yang anda pilih memiliki track record yang baik, biasanya dapat kita lihat dari testimoni ataupun komentar-komentar yang ada dibawahnya. Jika komentar dari konsumen positif maka toko tersebut sangat recomended untuk berbelanja dan sebaliknya jika toko tersebut mendapat testimoni yang negatif, usahakan untuk mencari toko yang lainnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
4. Metode Pembayaran
2. Perbandingkan Harga
Perbandingkan harga diantara marketplace yang satu dengan yang lainnya, diantara toko yang satu dengan yang lainnya. Pilihlah harga yang sesuai dengan budget atau termurah dengan kualitas yang paling baik.
3. Perhatikan Testimoni
Pastikan toko yang anda pilih memiliki track record yang baik, biasanya dapat kita lihat dari testimoni ataupun komentar-komentar yang ada dibawahnya. Jika komentar dari konsumen positif maka toko tersebut sangat recomended untuk berbelanja dan sebaliknya jika toko tersebut mendapat testimoni yang negatif, usahakan untuk mencari toko yang lainnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
4. Metode Pembayaran
Pilihlah metode pembayaran yang anda inginkan, mulai
dari credit card, debit card, indomart, dsb. Pilihlah metode pembayaran yang
menurut anda mempermudah anda dalam melakukan pembayaran. Usahakan untuk tidak
melakukan belanja online dengan metode pembayaran credit card ataupun debit
card di warnet karna kita akan diminta memasukkan kode atau data-data pribadi seperti
nomor pin dsb.
Metode pengiriman bisa anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan akan barang tersebut. Jika kita ingin barang tersebut untuk sampai lebih awal tentu akan dikenakan biaya yang lebih mahal. Biaya, estimasi pengiriman dan jenis pengiriman sudah disediakan, jadi kita tinggal memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
Komentar
Posting Komentar