Tugas 6 // Pengertian dari Promosi,Publiser,Web Owner,Advertiser ,Marketing Company dan hal -hal yang harus di perhatikan dalam belanja online


Pengertian Promosi 



Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. 
Tujuan Promosi 
  • ·         Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
  • ·         Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
  • ·         Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
  • ·         Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
  • ·         Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
  • ·         Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
  • ·         Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.


Jenis - Jenis Promosi  :

        1. Direct Marketing

          Sistem marketing dimana organisasi berkomunikasi secara langsung dengan target customer untuk menghasilkan respons atau transaksi. respon yang dihasilkan bisa berupa inquiry, pembelian, atau bahkan dukungan.

      2. Periklanan (Advertising)

          Bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Periklanan menawarkan suatu produk kepada konsumen dengan cara mengemukakan alasan supaya membeli

           
      3. Publisitas (Publisity)

          Bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah) atau merupakan usaha untuk merangsang permintaan dari suatu produk secara non personal yang bersifat komersial. Tentang produk tersebut di media cetak dan media elektronik, maupun hasil wawancara yang ditampilkan dalam media tersebut. Cara ini sangat baik untuk memperkenalkan perusahaan atau produk yang dihasilkan, karena publisitas dapat mencapai pembeli yang potensial yang tidak dapat dicapai dengan advertensi dan personal selling.

       4. Promosi Penjualan (Sales promotion)

           Bentuk promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Promosi penjualan menawarkan suatu produk dengan cara memberikan perangsang supaya membeli. Perangsang ini bisa berupa uang, barang atau pelayanan tambahan lainya yang biasanya tak disertakan bersama produk tersebut.

       5. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)

          Bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian atau  kegiatan mempromosikan suatu produk dengan cara mendatangi ke tempat konsumen berada, oleh seorang wiraniaga/salesperson. Dengan adanya kontak langsung antara wiraniaga dan konsumen, maka terjadilah komunikasi dua arah.


 Pengertian Publiser,Web Owner,Advertiser ,dan Marketing Company

Publiser 





        Publiser adalah orang yang memposting sesuatu baik di blog, website, dsb yang dapat dilihat oleh semua orang di internet.  

WebOwner


     WebOwner atau Pemilik Web adalah penyedia ruang apada website yang memungkinkan advertiser untuk memasang iklannya. Anda berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan dengan memasang iklan dari advertiser yang sudah tergabung di dalam program kerjasama periklanan.
      Dengan tergabung di program kerjasama periklanan, maka website anda dilengkapi engine periklanan yang berbasis teks yang kami berikan berupa kode dengan sistem bayar per unik klik, yang berarti anda akan mendapat bayaran apabila ada yang mengklik iklan pada website anda.

Advertiser  

       Pemasang iklan atau Advertiser adalah pihak yang melakukan kegiatan promosi atas iklannya pada Program kerjasama Periklanan yang materinya disebarkan kepada pemilik web yang terdaftar.

MarketingCompany


        Marketing Company atau Perusahaan Pemasaran adalah suatu perusahaan yang bertujuan untuk menampung iklan dari advertiser untuk bisa di teruskan ke Blogger. Dan juga Merupakan sebuah pasar periklanan Indonesia, dengan pola bisnis Pay Per Click (PPC). Menggunakan sistem anti fraud click yaitu sistem yang dapat mencegah agar penerbit iklan tidak melakukan kecurangan klik terhadap iklan hanya untuk kepentingan pribadi.www.undhirabali.ac.id



Hal - hal yang harus diperhatikan dalam berbelanja Online :

       1. Cek Variasi Produk

         Kita harus melihat variasi produk yang ingin kita beli dari beberapa marketplace dan juga kita harus melihat didalam toko-toko yang ada di marketplace tersebut.

      2. Perbandingkan Harga

          Perbandingkan harga diantara marketplace yang satu dengan yang lainnya, diantara toko yang satu dengan yang lainnya. Pilihlah harga yang sesuai dengan budget atau termurah dengan kualitas yang paling baik.

     3. Perhatikan Testimoni

          Pastikan toko yang anda pilih memiliki track record yang baik, biasanya dapat kita lihat dari testimoni ataupun komentar-komentar yang ada dibawahnya. Jika komentar dari konsumen positif maka toko tersebut sangat recomended untuk berbelanja dan sebaliknya jika toko tersebut mendapat testimoni yang negatif, usahakan untuk mencari toko yang lainnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

     4. Metode Pembayaran

      Pilihlah metode pembayaran yang anda inginkan, mulai dari credit card, debit card, indomart, dsb. Pilihlah metode pembayaran yang menurut anda mempermudah anda dalam melakukan pembayaran. Usahakan untuk tidak melakukan belanja online dengan metode pembayaran credit card ataupun debit card di warnet karna kita akan diminta memasukkan kode atau data-data pribadi seperti nomor pin dsb.

    5.MetodePengiriman
     
        Metode pengiriman bisa anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan akan barang tersebut. Jika kita ingin barang tersebut untuk sampai lebih awal tentu akan dikenakan biaya yang lebih mahal. Biaya, estimasi pengiriman dan jenis pengiriman sudah disediakan, jadi kita tinggal memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.


Komentar