Halo, guys! Kali ini,
kita akan membahas tentang perbedaan E-Commerce dan E-Business. Mari kita simak yuk!
Mungkin sebagian besar
dari kita tidak asing lagi dengan istilah E-Commerce. Tapi
apasih pengertian dari E-Commerce? E-Commerce merupakan kepanjangan dari Electronic Commerce yang berarti perdagangan yang
dilakukan secara elektronik. E-Commerce hanya
berfokus kepada proses jual-beli dan atau menukar barang atau jasa melalui
jaringan komputer, termasuk internet. E-Commerce terbagi
dalam berbagai jenis, diantaranya :
1. Business to Consumer
(B2C) Penjual adalah organisasi/perusahaan dan pembeli adalah individual.
Contohnya: Zalora, BerryBenka.
2. Business to Business
(B2B)Penjual dan pembeli adalah organisasi/perusahaan. Contohnya: Binus
University membeli TV dari Panasonic.
3. Consumer to Consumer
(C2C)Individu menjual produk atau jasa kepada individu yang lain. Contohnya:
Bukalapak
4. Business to Employee
(B2E)Organisasi menggunakan E-Commerce secara
internal untuk menyediakan informasi dan jasa kepada pegawainya.
Berbeda dengan E-Business yang cakupannya lebih luas dari E-Commerce. E-Business adalah
proses jual-beli barang atau jasa, dan juga pelayanan kostumer, bekerja sama
dengan partner, dan melakukan transaksi secara elektronik dalam sebuah
perusahaan. E-Business memiliki
karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional. Hanya
saja, E-Business memiliki scope yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan
antar pebisnis seperti halnya rapat ditempat khusus, atau sekedar untuk
berkenalan dengan partner bisnis.
Sedangkan E-Business mengandalkan media
Internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya. Contoh E-Business yang
terkenal di Indonesia adalah Kaskus.
Jadi itu sekilas
tentang perbedaan E-Commerce dan E-Business. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai
bertemu di postingan selanjutnya!www.undhirabali.ac.id
Komentar
Posting Komentar