Halo guys, kali ini saya ingin menjelaskan sedikit tentang perusahaan yang sudah menerapkan E-commerce dan kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman yang di hadapi perusahaan
1. PT Global Digital Niaga (blibli.com)
Tidak sekadar berjualan, situs ini menawarkan jasa informasi bisnis, interaksi pengguna, hingga iklan. Hingga saat ini, udah tercatat 200 pedagang atau merchant yang sudah bergabung di blibli.com. Beberapa di antaranya merk terkenal, seperti toko ponsel Erafone, gerai motor dan apparel Harley Davidson, distro Surfer Girl, dan Batik Danarhadi. Untuk metode pembayarannya, blibli.com hanya menerima kartu kredit dari dua bank, yakni Bank Central Asia dan Bank Mandiri. Pengiriman barang dilakukan oleh beberapa perusahaan logistik, seperti NCS, RPX, dan JNE.
Kekuatan : Dalam penggunaan
jasa jual beli online pastilah terdapat kelebihan dan kekurangannya, berikut
adalah kelebihan dan kekurangan jual beli online melalui blibli.com:
· Tak sekadar berjualan, situs ini menawarkan
jasa informasi bisnis, interaksi pengguna, hingga iklan.
· Situs Online Shopping ini, telah
memakai sistem keamanan yang sudah mendapat sertifikasi dari VeriSign
(merupakan sistem standar keamanan transaksi online di dunia, serta mitra
perbankan yang terpercaya diseluruh dunia).
· Situs Blibli.com ini memposisikan dirinya
sebagai social e-commerce, yang mengusung tagline “assisting customer assisting
customer”, Yang artinya adalah Situs Blibli.com membantu si pelanggan
agar pelanggan tersebut dapat membantu pelanggan lainnya.
· Situs Blibli.com ingin menempatkan dirinya
sebagai sahabat bagi para pelanggan yang memberikan saran-saran terbaik dari
para member yang dianggap oleh Situs Blibli.com ini dengan sebutan “friends”.
· Sebagai online mall, Blibli.com juga mencoba
menawarkan berbagai kemudahan bagi para pelanggan.
·
Dalam proses pembelian dan pembayaran,
pelanggan juga selalu diberi kesempatan untuk mengonfirmasi kembali
keputusannya untuk membeli. Kemudian ketika barang sedang kosong atau habis
(out of stock), akan ada informasi kapan stok barang datang lagi. Dengan
demikian pelanggan tidak putus asa dan berpindah ke “toko sebelah”.
Kelemahan : Untuk metode
pembayarannya, blibli.com hanya menerima kartu kredit dari dua bank, yakni Bank
Central Asia dan Bank Mandiri.
Peluang : e-commerce
tumbuh dan berkembang dibanyak belahan dunia. Asia dan Pasifik juga sepertiga
dari negara-negara berkembang sudah banyak yang menggunakan internet. Jumlah
pengguna internet juga terus tumbuh. Sebagian besar pertumbuhan ini berasal
dari Asia, Amerika latin dan belahan Eropa. Oleh karena itu e-commerce sangat
menguntungkan toko-toko online yang sudah menjamur di Indonesia ini, contohnya
blibli.com.
Ancaman : Rendahnya hambatan
masuk antar negara-negara akan menyebabkan banyak pesaing-pesaing di perusahaan
internet. Banyak muncul perusahaan-perusahaan internet didunia ketiga (negara
berkembang) akan menyebabkan banyak menimbulkan pesaing-pesaing. Pesing
terbesar yang ada di dunia internet adalah Wall mart yang merupakan perintel
terbesar di dunia.
Tokobagus sendiri merupakan pesaing bagi
blibli.com, Tokobagus ini merupakan sebuah situs dimana perusahaan dan
perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa. Tokobagus juga
merupakan search engine friendly, yang berarti tidak hanya pengunjung
dari Tokobagus yang akan menemukan iklan anda tetapi juga orang-orang yang
mencari produk atau jasa dengan menggunakan search engine seperti Google juga
akan menemukan iklan-iklan anda. Karena strategi yang kuat dan media publikasi
yang besar kini Tokobagus telah mempunyai lebih dari 100.000 pengunjung setiap
hari.
2. GRAMEDIA ONLINE
Kekuatan: Kekuatan meliputi
kemampuan internal, sumber daya, dan faktor situasional positif yang dapat
membantu perusahaan melayani pelanggannya dan mencapai tujuannya (Kotler &
Armstrong, 2008:64). Kekuatan Gramedia yang pertama terletak pada kelengkapan
produk yang tersedia, dengan menyediakan produk yang beragam dan berkualitas
maka Gramedia dapat memenuhi kebutuhan para konsumen. Sehingga diharapkan
kebutuhan konsumen yang beragam dapat terpenuhi ketika mereka berbelanja di
Gramedia. Selanjutnya yang menjadi kekuatan utama bagi Gramedia adalah
citra merek dan reputasi yang sangat baik, menurut Damanik (2010) hal ini
dibuktikan dengan gelar Top Brand Award 2010 yang berhasil dipertahankan oleh
Gramedia Bookstore. Acara yang diselenggarakan oleh Majalah Marketing dan
Frontier Consulting Group tersebut menobatkan Gramedia Bookstore sebagai toko
buku paling dikenal oleh publik, dengan Top Brand Index (TBI) sebesar 78,1.
Berdasarkan index tersebut, merek Gramedia memang begitu lekat di hati
masyarakat sehingga sekitar 78,1% dari 2.400 responden di enam kota besar di
Indonesia memilih Gramedia sebagai merek paling top. Merek Gramedia menempati
top of mind di masyarakat, memiliki market share yang tinggi, dan memiliki
pelanggan dengan tingkat loyalitas yang tinggi.
Kelemahan : Pelayanan
operasional online Gramedia yang hanya terbatas pada hari Senin – Jumat, pukul
08.00 – 17.00 WIB saja. Sehingga pada malam hari dan weekend, situs
onlineGramedia tersebut tidak beroperasi. Kondisi tersebut akan menyulitkan
konsumen yang ingin melakukan transaksi pada malam hari atau pada hari Sabtu
atau Minggu, misalnya seperti orang-orang yang sibuk dan tidak memiliki cukup
waktu untuk bertransaksi pada jam kerja.
Peluang : Dalam era
globalisasi sekarang ini, internet telah menjadi bagian dari setiap kehidupan
masyarakat, penggunaan internet secara positif mampu memberikan banyak manfaat
kepada penggunanya. Banyak informasi yang didapat dari internet, bahkan
internet juga telah dijadikan media bisnis seperti penjualan barang
secaraonline, dan juga media pembelajaran. Hal tersebut yang kemudian
menciptakan suatu produk yang disebut e-book atau electronic book, yaitu buku yang
berupasoft copy dan umumnya berupa file PDF. E-book juga disebut paperless
book, karena penggunaannya harus melalui media ekektronik seperti computer,
laptop, atau notepad. Bisa dikatakan bahwa saat ini sudah banyak masyarakat
yang menggunakan e-book sebagai bahan bacaan mereka. Gramedia Bookstore dalam
situasi ini berpeluang untuk turut menyediakan e-book bagi konsumennya, hal
tersebut akan menjadi hal baru bagi Gramedia Bookstore, sehingga tidak hanya
menyediakan buku dalam bentuk hard copy, namun juga menyediakan e-book.
Ancaman :
Penjualan buku melalui media internet kini juga telah marak di masyarakat.
Meskipun Gramedia Bookstore juga memiliki situs online, namun keberadaan situs
penjualan buku online lainnya juga dapat menjadi ancaman bagi Gramedia
Bookstore, seperti contohnya Amazon, Ebay, Kaskus, dll. Dalam hal ini Gramedia
Bookstore harus memiliki cara tertentu agar konsumen lebih memilih untuk
berbelanja di situs online Gramedia daripada situs lainnya, misalnya seperti
prosedur pembelian dan pembayaran yang mudah.
Situs penjualan buku online yang telah
disebutkan di atas tidak hanya menjual buku namun e-book, sedangkan untuk saat
ini Gramedia Bookstore belum menyediakan produk berupa e-book. Tentu saja
kondisi tersebut menjadi ancaman bagi Gramedia Bookstore. Pihak manajemen perlu
menerapkan strategi yang baik dalam menyiasati setiap ancaman yang ada agar
tidak timbul kerugian.
3. LAZADA
Salah
satu contoh dari perusahaan yang menggunakan E-commerce adalah Lazada Indonesia. Lazada
Indonesia (www.lazada.co.id) lebih
berfokus kepada tipe e-commerce B2C atau Business to Customer karena tujuan
utama perusahaan adalah menyerap customer individu yang melakukan transaksi di
situs mereka. Dalam Business to Customer akan lebih terfokus bagaimana
mekanisme dasar bagi pembeli untuk mengakses perusahaan tersebut di dalam
sebuah web yang sudah disediakan oleh perusahaan. Setelah itu bagaimana
pelayanan situs tersebut dan yang paling rumit adalah bagaimana menciptakan
tantangan utama untuk penjualan. E-commerce memberikan pengalaman berbelanja
yang sesungguhnya dengan dapat membeli dari rumah dan dapat dilakukan selama 24
jam dalamsehari, 7 hari dalam seminggu.
Kekuatan :
Transaksi
antara pembeli dan penjual dilakukan secaracepat, mudah dan murah.
Kelemahan :
Barang
tidak bisa dipegang secara langsung, kadang barang tersebut tidak sesuai dengan
yang kita inginkan / beda dengan yang ditampilkan
Peluang :
Dapat
menghasilkan produk baru yang banyak diminati customer / permintaan dari
customer, jika produk sesuai, bagus dan memuaskan konsumen otomatis akan laris
terjual
Ancaman :
Dikhawatirkan
adanya pembuatan website palsu, persaingan harga, kualitas, persaingan secara
global, tidak adanya jaminan bahwa transaksi e-commerce terbebas dari upaya
perusakan/pemanipulasian data dan tentu akan berdampak pada berkembangnya
aktivitas ekonomi.
4. PT.Telkom Indonesia
Kekuatan : dapat memperluas
jangkauan bisnis, sehingga dapat menjangkau pelangan secara luas dan dalam hal
bisnis juga dapat mengurangi biaya tambahan seperti biaya untuk gedung dan
pelayanan pelanggan, sehingga perusahaan selalu dapat memberikan perhatian
lebih kepada konsumen seperti selalu dapat memberikan informasi yang real
(nyata) kepada konsumen
Kelemahan: banyaknya kustomer yang
belum berani melakukan transaksi melalui internet dikarenakan belum percaya
dengan keamanan transaksi karena maraknya penipuan dunia maya yang terjadi.
Peluang : dengan menggunakan
strategi E-commerce, perusahaan akan mendapatkan peluang dalam mendapatkan
kustomer, karena dengan sistem ini beberapa orang atau kustomer yang sudah
biasa dalam transaksi internet akan merasa lebih praktis,
Ancaman : mungkin untuk para
kustomer yang kurang paham tentang transaksi internet, mereka akan selalu
mengeluh karena mereka dipaksa untuk bisa bertransaksi melalui internet, dengan
demikian otomatis pihak perusahaan mengeluarkan dana tambahan untuk pelayanan
pelangan dan biaya untuk gedung.
5.
CARREFOUR
Contoh
penerapan e-commerce ini pada perusahaan ritel yaitu Carrefour, bagaimana
Carrefour ikut memanfaatkan internet untuk mendukung kegiatan bisnis mereka.
Carrefour memiliki web pribadi yang berisi tentang perusahaan mereka dan juga
data-data atau produk apa yang mereka tawarkan serta adanya informasi-informasi
seperti diskon atau promo-promo lainnya, disamping itu juga Carrefour
menyiapkan pelayanan pesan antar bagi para pelanggannya untuk mengakses atau
berbelanja via online. Sistem pembayaran yang Carrefour tawarkan dengan
e-commerce hampir sama dengan pada umumnya yaitu menggunakan credit card dan
dengan keamanan yang terjaga dan aman dari tindakan criminal.
Kekuatan
- Pemimpin pasar( Market Leader)
- Keberanian untuk memasukan pasar yang disuport oleh partner joint venture
- Kualitas toko yang tinggi dengan didasarkan pada basis pelanggan yang cukup besar
- Bisnis retail terbesar kedua di dunia dan bisnis retail terbanyak secara international
- Merk yang kuat diberbagai segmen pasar
- Pemimpin dunia didalam bisnis hypermarket
- Perkembangan e-commerce yang menjadi trend saat ini
Kelemahan
·
Permintaan yang besar tergantung pada
pasar
· Kurang memperhatikan aspek etika
bisnis yang telah ditetapkan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha)
Peluang
- · Memperluas area produk dan pelayanan melalui diperluasnya area layanan produk
- · Pertumbuhan penduduk mengakibatkan meningkatnya kebutuhan akan mengkonsumsi barang secara instant
Ancaman
- · Yang ancaman pasarnya tidak dapat mendukung lebih banyak outlet
- · Krisis ekonomi global menyebabkan penurunan transaksi perdagangan
- · Tidak diketahuinya pajak yang ditetapkan oleh tiap barang karena pajak dibebankan kepada perusahaan.
- · Kerugian kompetitif yang diakibatkan oleh munculnya berbagai macam retail-retail bar
Komentar
Posting Komentar